Home » Waspada Aquaplanning Pada Motor di Musim Penghujan

Waspada Aquaplanning Pada Motor di Musim Penghujan

by Oto-Bandung
Ilustrasi.*(FOTO : Renaldi)

OTOBIKESBANDUNG,- Saat musim penghujan tiba, selain harus membawa perlengkapan seperti jas hujan dan lainnya, kita juga harus memperhatikan cara berkendara.  Selain itu juga perhatikan kondisi dari motor kalian. Jangan sampai mengalami kejadian aquaplanning, terutama saat melewati genangan air.

Apa itu aquaplanning?  Kondisi ban kendaraan atau ban motor mengambang ketika melewati permukaan air atau tidak menapak secara sempurna ke permukaan jalanan.

Bila terjadi saat berkendara, tentu membahayakan dan bisa berakibat fatal seperti terjatuh karena hilangnya kontrol dan cengkraman ban. Maka, kita harus berhati-hati saat berkendara di kondisi basah atau hujan.  Ada beberapa penyebab yang bisa menyebabkan aquaplanning ini.

Baca Juga : Kenali Tanda VanBelt Motor Akan Putus

Yang pertama adalah faktor kecepatan.  Ketika berkendara dengan memacu kecepatan tinggi, apalagi saat melewati genangan air itu bisa berpotensi terjadi aquaplanning. Sebaiknya kurangi kecepatan saat melewati genangan dari jarak yang cukup jauh.  Karena pada saat hujan, sebaiknya tidak melakukan pengereman secara mendadak dan tiba-tiba. Jalanan yang licin dan pengereman akan sedikit kurang optimal sehingga membuat cengkraman ban menjadi berkurang.  Jadi membutuhkan waktu dan jarak untuk memperlambat kendaraan.

Berita Terkait

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.